Cara praktis flash lenovo a319 tanpa pc hanya dalam 10 menit | 4ndroidinfo

Cara praktis flash lenovo a319 tanpa pc hanya dalam 10 menit

Assalamu'alaikum wr.wb.

Cara flash lenovo a319 – Pasti kalian semua sudah tahu dengan yang namanya flash. Flash memang perlu dilakukan jika terjadi masalah yang berkaitan dengan OS android. Namun banyak yang belum mengetahui caranya yang menyebabkan hal ini sangat disayangkan. Maka dari itu, saya akan memberikan caranya dengan mudah dan tentunya bisa dilakukan oleh siapa pun.

Bagaimana caranya? Sebelum memulainya, apakah kalian tahu apa itu OS android?


Apa itu OS android?


Os android merupakan singkatan dari kata Operation System. Karena kita membahas tentang lenovo a319 yang merupakan sebuah android, maka sistem operasi tersebut adalah android. OS biasanya berkaitan dengan yang namanya software. Jadi kita akan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan software/perangkat lunak. 

Setelah kalian mengetahui hal diatas, kalian juga tentunya harus mengetahui dalam kategori apa masalah android kalian. Hal ini memang sederhana, tetapi jika kalian lewati saja maka bisa saja kalian salah dalam memilih cara sebab tidak semua masalah bisa diperbaiki dengan cara ini. Lalu masalah apa saja itu?

Masalah os android yang dapat diperbaiki dengan flash


Seperti yang sudah dijelaskan tadi, tidak semua masalah bisa diperbaiki dengan melakukan flash. Jadi kalian periksa dulu apakah lenovo kalian memiliki masalah seperti dibawah ini. Masalah tersebut diantaranya : 

1. Bootloop (stuck on logo)


Bootloop yaitu suatu masalah dalam sistem operasi android berupa kegagalan dalam masuk ke sistem. Ciri cirinya yaitu lenovo kalian hanya muncul logo lenovo ketika dalam proses pengaktifan dan tidak mau menampilkan tampilan lenovo seperti biasa. Biasanya istilah ini lebih sering disebut dengan stuck on logo. 

Masalah ini sering terjadi di semua android, termasuk pada lenovo a319, dan mungkin saja kalian salah satunya. Jika kalian tidak bertindak maka mau ditunggu sampai 100 tahun pun tidak akan muncul tampilan home android kalian. Jadi kalian beruntung karena bisa memperbaikinya dengan cara flash yang akan dibahas pada artikel ini.

2. Hang


Hang yaitu kesalahan dalam sistem operasi android yang menyebabkan lenovo kalian tidak bisa digerakan. Ciri cirinya seperti yang sudah saya sebutkan tadi yaitu tidak bisa menggerakan layar lenovo a319 kalian. Ini merupakan masalah yang serius setelah sering terjadi Lag (macet). 

Jika kalian mengalami masalah ini, kalian harus tau apakah lenovo kalian sedang macet atau sedang terjadi hang. Kalian bisa membedakannya berdasarkan waktunya. Maksudnya jika biasanya macet paling butuh waktu sekitar 10 detik, maka jika sudah sampai hitungan menit maka lenovo kalian sedang terjadi Hang. 

Jika kalian biarkan saja, maka kalian tidak bisa menggunakan lenovo ini, tetapi baterainya terkuras habis. Sangat disayangkan bukan? Maka dari itu, kalian bisa memperbaiki masalah ini dengan cara yang saya berikan di tulisan ini.

3. Blank


Blank merupakan masalah pada sistem operasi android yang menyebabkan layar android kalian hanya berwarna putih semua ataupun hitam semua. Jika kalian mengalaminya, kalian bisa gunakan cara yang saya bagikan ini.

4. Lupa password android


Mungkin kalian sudah tahu maksud dari lupa password jadi tak perlu saya jelaskan lagi dan solusinya sama seperti biasanya yaitu ada pada cara yang saya bagikan.

5. Android sering restart sendiri


Memang masalah ini jarang dijumpai pada android, tetapi jika kalian mengalami ini, kalian akan merasa sangat marah. Sebab seperti apa coba rasanya jika sedang asik bermain android kok tiba tiba androidnya mati sendiri dan menyala lagi secara berkali kali. Sangat marah bukan (bisa saja melayang tuh android)? Kalian tidak perlu ragu memilih cara memperbaikinya sebab cara ini bisa kalian lakukan untuk memperbaikinya.

6. Dan masalah lain yang tidak bisa saya jelaskan semua


Jika kalian mengalami masalah yang berbeda dari masalah tadi, tapi kalian tahu bahwa kalian harus melakukannya, kalian harus yakin dengan keputusan kalian dan mulailah melakukannya.

Apakah kalian sudah menemukan masalah kalian? Jika sudah, jangan dulu kalian banting tuh android, kalian perbaiki saja dulu siapa tau nanti jadi, kan lumayan (betul gak?). Kembali lagi ke inti pembicaraan yaitu cara flash lenovo a319. Kita semua tahu bahwa banyak cara yang disebarkan di luar sana, dan semua cara itu hampir berbeda atau dengan kata lain cara yang digunakan bukan hanya 1 tetapi banyak. Lalu bagaimana dengan cara yang saya berikan? Penasaran seperti apa caranya? Baca tulisan berikut dibawah.

Cara yang digunakan untuk melakukan flash lenovo a319


Seperti yang sudah disebutkan tadi, banyak cara yang digunakan untuk melakukan flash. Karena itu, saya akan memberikan gambaran mengenai cara yang akan saya berikan. Berikut merupakan gambarannya.

Kita sudah tau kan kalau cara flash ada yang mudah dan juga susah. Selain itu ada juga yang ribet dan juga instan (gak pake ribet). Sebagai contoh berikut pilihannya :

1. Cara mudah tapi ribet
2. Cara susah dan juga ribet (siapa yang mau)
3. Cara mudah gak pake ribet (pastinya idaman kalian semua)
4. Cara susah gak pake ribet 

Kalau kalian diharuskan memilih cara diatas kalian milih yang mana? Saya yakin semuanya mau yang cara ke 3 bukan? Seperti itulah cara yang akan saya berikan. Maka dari itu saya berikan cara yang tanpa pc. 


Apa itu tanpa pc?

Maksudnya yaitu jika kalian menggunakan cara ini, maka kalian tidak perlu menyiapkan pc. Kan kasihan kalau yang gak punya pc harus nyiapin pc. Atau dengan kata lain, kita hanya menggunakan lenovo a319 kalian saja.

Kenapa kita memakai cara ini?

Seperti yang dijelaskan tadi, kita akan menggunakan cara yang mudah dan gak pake ribet. Jika kita menggunakan cara ini maka kita tidak perlu menyiapkan semua peralatan pc dan juga yang menghubungkan android kita ke pc tersebut atau dengan kata lain kita hanya memakai android saja (apakah saya sudah menyebutkannya tadi?)

Sedangkan maksudnya mudah yaitu kita akan melakukan cara ini hanya dalam 5 langkah saja dan akan kita selesaikan semua langkah itu dalam waktu kurang dari 10 menit (sangat cepat bukan?). Makanya kalian baca dengan lengkap supaya tidak bingung nantinya.

Cara yang saya berikan bisa kalian sebut cara flash lenovo a319 tanpa pc atau bisa saja kalian namakan hard reset.

Kembali lagi ke inti pembicaraan, kita akan melakukan cara ini dengan persiapan yang tentunya harus matang. Jangan kalian sepelekan persiapan ini sebab kalian akan menyesal jika melewati persiapan ini.

Apa saja persiapan sebelum melakukan flash Lenovo a319?


Sebenarnya banyak yang harus kalian persiapkan. Tetapi kalian tidak mungkin menyelesaikan semuanya sekaligus (jangan sampai yang awalnya mau flash malah pusing dulu di persiapan ini). Maka dari itu, saya siapkan beberapa persiapan yang bisa kalian lakukan. Berikut merupakan persiapan tersebut :

1. Backup data android dulu


Kalian pasti sering dengar kata ini kan? Tapi sebenarnya kalian tau gak sih apa itu backup data? Jangan malu kalau belum tau, sebab akan saya berikan pengertiannya menurut saya pribadi. Backup data yaitu menyimpan data yang ada di android kita sehingga sewaktu waktu kita bisa mengembalikan data tersebut/tidak hilang. 

Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan backup data. Karena berbeda dengan  pembahasan kali ini, kalian bisa cari sendiri di internet.

2. Memastikan baterai android kalian berisi sekitar 80%


Kenapa saya katakan seperti itu? Sebab banyak yang menyepelekan hal ini padahal bisa saja berakibat fatal jika tidak melakukannya. Coba pikirkan baik baik, kita nantinya akan melewati proses penghapusan data dan penginstalan ulang. Ketika proses tersebut berlangsung, ternyata android kalian mati gara-gara kehabisan daya baterai. Apakah kalian tahu apa yang akan terjadi? Kemungkinan terbesar android tersebut akan mengalami masalah yang namanya MATOT (istilah keren dari kata mati total).

Jika tidak ingin terjadi hal seperti itu, kalian jangan sepelekan persiapan ini. Jika ternyata lenovo kalian bootloop, blank, ataupun lainnya yang tidak memungkinkan kalian melihat daya baterai tersebut, sebaiknya kalian charge dulu dan kalau sudah merasa baterainya penuh, kalian lepas dan kalian lakukan cara flash ini (jangan lakukan cara ini ketika lenovo a319 sedang di charge).

3. Lepas kartu memori dan juga sim


Jangan kalian lakukan kesalahan yang sama seperti yang dulu saya lakukan. Saya dulu tidak melepas kedua kartu tersebut dan apa kalian tahu apa yang terjadi? Sungguh menyedihkan karena data yang ada dalam memori seperti musik, video (jangan ngeres loh yaa), dan juga data lainnya hilang ditelan bumi bersamaan ketika proses ini berlangsung dan begitu juga pada kartu sim saya (bukan sim kendaraan loh yaa). Jika kalian tidak ingin terjadi hal tersebut, lepaskan kedua kartu tersebut.

Contoh masalah sudah, cara yang digunakan sudah, persiapan sudah, lalu apa yang kurang? Sepertinya semua pernak perniknya selesai sampai sini dan kita bisa memulai langkah kerjanya.

Langkah langkah cara flash lenovo a319


Sebelumnya kalian penuhi dulu persiapan diatas jika ingin berhasil dalam langkah ini. Jika sudah kalian lakukan, kalian berarti siap melakukan flash lenovo a319 tanpa pc. Berikut merupakan langkah langkahnya :

1. Nonaktifkan lenovo kalian lalu tekan dan tahan tombol volume up + power secara bersamaan

Kombinasi tombol untuk memasuki recovery mode

Kenapa harus dimatikan? Sebab kita akan melakukan proses ini pada saat android sedang off, jadi layar tidak bisa kalian gunakan secara sempurna. Jika sudah off, kalian tekan kombinasi tombol tersebut secara bersamaan

Apa kalian tahu letak tombolnya? Tenang saja jika kalian bingung, kalian perhatikan saja tombol pada gambar diatas. Jika kalian berhasil, maka akan muncul pilihan metode yang akan digunakan (lihat gambar di langkah berikutnya). Jika belum masuk pada tampilan ini, kalian ulangi langkah ini dari awal sampai bisa memasuki tampilan selanjutnya.


2. Pilih recovery mode

Memilih recovery mode

Kalian lihat gambar diatas, ini merupakan menu pemilihan metode yang akan kita gunakan. Terdapat 3 pilihan yaitu recovery mode, fastboot mode, dan normal boot. Kalian pilih saja recovery mode. Apakah berhasil? Jika kalian melakukannya dengan menekan layar tersebut, maka sampai kapanpun kalian tidak akan berhasil dan menandakan bahwa kalian tidak teliti dalam membaca langkah pertama (hayoo...ketahuan gak baca yaa). 

Sudah dijelaskan bahwa layar tidak bekerja secara sempurna, maka dari itu kalian harus bisa mengakalinya. Gunakan tombol volume down untuk kebawah dan volume up untuk keatas. Bila sudah tepat, maka kalian tekan tombol power maka akan muncul tampilan recovery mode (lihat gambar di langkah berikutnya).

3. Pilih wipe data/factory reset

Memilih wipe data/factory reset pada menu recovery mode

Pada langkah ini kalian akan melihat tampilan yang dinamakan recovery mode. Di menu ini tersedia banyak pilihan menu seperti : 

1.Reboot system now, untuk melakukan booting/pengaktifan lenovo a319 kalian kembali.
2.Apply update from ADB, digunakan untuk menginstal file yang ada di pc menggunakan perantara kabel USB.
3.Apply update from sdcard, hampir sama seperti yang nomor 2, Cuma bedanya kalau ini filenya ada di sdcard/kartu memori.
4.Wipe data/factory reset, untuk menginstal ulang dan menghapus data android kita (menu inilah yang akan kita gunakan nantinya).
5.Wipe cache partition, digunakan untuk menghapus semua cache yang ada di android tersebut.
6.Backup user data, untuk melakukan pencadangan/ penyimpanan file android.
7.Restore user data, untuk mengembalikan data yang sudah dibackup tadi.
8.Dan lainnya yang bisa kalian pelajari sendiri.

Kalian pilih menu wipe data/factory reset. Apakah kalian melakukan kesalahan yang sama (ngaku aja deh)? Ingat kalian harus gunakan cara seperti pada langkah sebelumnya untuk memilih menu ini. 

4. Pilih Yes – delete all user data

Memilih yes - delete all user data

Kalian akan melihat banyak pilihan yang ada tetapi hanya ada 2 jenis saja yaitu yes dan no. Kalian pilih yes – delete all user data (saya lupa berada di baris ke berapa). Ingat gunakan cara yang sama seperti sebelumnya untuk memilih (jangan ulangi kesalahan yang sama yaa). 

5. Tunggu saja sampai proses selesai dan lenovo a319 akan booting dengan sendirinya

Proses penghapusan data dan penginstalan ulang lenovo a319

Inilah proses yang paling saya suka. Kenapa? Sebab kita hanya menunggu saja sampai proses ini selesai (menyenangkan bukan?). Proses ini biasanya memakan waktu yang lumayan lama tetapi tidak terlalu lama (bisa sambil menikmati kopi dulu). Dan setelah proses selesai maka lenovo a319 kalian akan booting dengan sendirinya.

Penutup


Bagaimana rasanya? Mudah bukan dalam melakukan flash? Saya yakin kalian akan merasa lebih senang dan juga bangga jika bisa melakukan hal ini sendiri (tapi jangan sombong). Setelah itu, kalian lakukan setting yang ingin kalian lakukan.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara flash lenovo a319 tanpa pc. Jika ingin menambahkan apa yang saya tuliskan, kalian bisa tulis dikomentar beserta pengalaman kalian dalam melakukan hal ini. Jangan lupa bantu admin untuk melakukan share agar semua tahu cara ini. Kami tunggu kunjungan kalian di postingan saya yang lain.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

1 Response to "Cara praktis flash lenovo a319 tanpa pc hanya dalam 10 menit | 4ndroidinfo"

solder uap said...

thank u min panduannya
solder uap