Inilah cara mudah flash xiaomi redmi 3 tanpa pc dan dijamin aman

Inilah cara mudah flash xiaomi redmi 3 tanpa pc dan aman

Assalamu'alaikum wr.wb.

Cara flash xiaomi redmi 3 – keberadaan android di jaman ini sangatlah penting. Android sudah seperti kebutuhan pokok bagi semua kalangan, dari anak anak sampai orang dewasa. Keadaan ini dimanfaatkan oleh para pembuat android untuk menciptakan jenis baru dari merk andalan mereka, begitu juga bagi xiaomi.

Xiaomi merupakan merk android yang berasal dari china dan masih terbilang baru. Namun, xiaomi mampu bersaing dengan merk terkenal lainnya yang dibuktikan dengan kepopulerannya terutama di kalangan remaja. Bukti lainnya yaitu xiaomi mampu mengeluarkan jenis xiaomi redmi 3 yang sedang terkenal saat ini. Itu merupakan bukti keseriusan mereka dalam menyaingi merk lainnya.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, xiaomi merupakan buatan china. Semua pasti sudah tahu seperti apa produk china yang sudah tersebar di indonesia. Coba saja kalian lihat mainan kecil dari plastik maupun tusuk gigi, itu merupakan salah satu produk china yang tersebar di seluruh indonesia. Xiaomi juga sepertinya akan jadi produk china yang akan tersebar luas di indonesia seperti produk lainnya.

Xiaomi memang memiliki kualitas yang handal dan pas di kantong masyarakat indonesia, sehingga banyak yang memiliki android bermerk xiaomi, salah satunya yaitu xiaomi redmi 3. Xiaomi redmi 3 merupakan salah satu andalan xiaomi untuk menyaingi samsung maupun merk lain. Xiaomi redmi 3 juga memiliki kualitas yang mampu membuat senang para pengguna tercintanya.

Namun yang namanya produk pasti ada batasannya. Xiaomi redmi 3 juga pastinya bisa mengalami masalah yang juga di alami oleh merk lainnya. Tapi kalian tak perlu khawatir, sebab masalah pasti juga ada solusinya. Masalah yang terjadi biasanya bisa diatasi dengan mudah yaitu dengan cara flash. Kalian masih asing dengan istilah ini? Saya kira kalian sudah tak asing lagi, sebab kata flash sudah banyak bertebaran di google. Tapi jika belum tahu, kalian tidak perlu malu, sebab akan saya jelaskan dahulu. Kalian justru lebih baik daripada mereka yang tidak mau berusaha memperbaiki xiaomi nya sendiri

Pengertian flash


Secara sederhana flash dapat diartikan membuat android jadi seperti baru. Tapi ada juga yang mengartikan bahwa flash merupakan proses penghapusan semua data android. Lalu mana yang benar? Kalian tidak perlu bingung memikirkan hal ini, karena keduanya itu benar dan saling berkaitan. Kok bisa? Sebab proses ini merupakan proses yang menjadikan android seperti sediakala dengan cara menghapus semua data yang ada. Sudah paham? Jika sudah, kalian tidak akan bingung dalam melakukan proses ini .

Apa saja masalah yang bisa diperbaiki dengan melakukan flash


Banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan kita melakukan flash yang tentunya tidak bisa saya sebutkan semuanya. Maka dari itu, saya memberikan beberapa contoh yang paling sering terjadi, diantaranya yaitu bootloop, android lelet bahkan tidak bisa digerakan, android mati total, layar putih semua (blank), lupa password android, dan masih banyak lagi. Jadi kalian tidak perlu bingung jika xiaomi redmi 3 kalian bermasalah, sebab banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan cara ini.

Kita sudah membahas hal mengenai flash, tetapi kita belum memperdalam mengenai cara flash xiaomi redmi 3. Maka sebelum itu kita perjelas hal tersebut dahulu.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan flash xiaomi redmi 3


1. Pastikan xiaomi redmi 3 kalian sudah di backup

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kalian bisa mengakses data yang ada pada xiaomi redmi 3 milik kalian seperti sebelum kalian melakukan flash. Tetapi jika kalian tidak ingin data kalian kembali karena alasan tertentu, kalian bisa hiraukan hal ini. Saya juga memperjelas kepada kalian bahwa data yang akan hilang merupakan data android, jadi data dalam akun seperti akun facebook maupun sosial media lain tidak akan hilang. Kalian bisa baca cara backup data Android sendiri. 

2. Pastikan daya baterai android kalian sekitar 80%

Hal ini bertujuan agar android kalian tidak mati ketika dalam proses flash. Karena jika android mati disaat kita melakukan flash, mungkin akan berakibat fatal pada perangkat android tersebut. Jika xiaomi redmi 3 kalian sedang bootloop, kalian tidak perlu mengikuti peraturan ini.

Cara yang digunakan dalam melakukan flash xiaomi redmi 3


Sebenarnya cara melakukan flash xiaomi redmi 3 bisa dilakukan dengan banyak cara. Tapi saya akan mengajarkan kepada kalian berupa cara yang paling mudah dan tentuna tanpa pc. Saya pilih yang tanpa pc karena jika kita melakukan proses dengan menggunakan pc, maka kita harus repot menyiapkan pc, kabel yang digunakan untuk menyambungkan ke pc, dan software lain yang harus ada. Jika kita menggunakan langkah tanpa pc, kalian hanya perlu menyiapkan android saja.

Cara yang akan kita gunakan yaitu melalui recovery mode. Recovery mode merupakan menu yang selalu ada pada setiap android yang tentunya dengan tujuan mengatur sistem data pada android. Karena menu ini dilakukan pada saat android off, maka kalian tidak bisa menggunakan layar dalam melakukan pemilihan di menu ini, cara memilihnya akan saya jelaskan pada langkah langkah melakukannya. Saya juga menulis langkah ini hanya terdiri dari 5 langkah saja sehingga kalian tidak akan bingung dalam melakukannya.

Langkah langkah dalam melakukan flash xiaomi redmi 3

Sebelum memulai langkahnya, pastikan kalian sudah membaca dan memenuhi hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan flash xiaomi redmi 3 (jika belum, kalian baca dulu diatas). Jika kalian sudah melakukannya, kalian bisa memulai langkah ini.

Berikut merupakan cara flash xiaomi redmi 3 tanpa pc :

1. Tekan dan tahan tombol volume up + power secara bersamaan

Kombinasi tombol untuk masuk recovery mode

Pada langkah ini, kalian harus menekan tombol sesuai yang disebutkan tadi secara bersamaan (lihat gambar diatas). Jika kalian berhasil, maka akan muncul menu pemilihan bahasa (gambar ada pada langkah berikutnya). Jika ternyata xiaomi redmi 3 kalian justru booting berarti kalian tidak menekannya secara bersamaan. Kalian harus melakukan langkah dari awal lagi jika tidak muncul menu pemilihan bahasa.

2. Pilih bahasa inggris (ENGLISH)

Tampilan pemilihan bahasa

Kenapa harus bahasa inggris? Jika kalian bisa menggunakan bahasa china, kalian bisa saja menggunakannya. Tapi saya akan memberikan cara yang menggunakan bahasa inggris jadi pilihlah bahasa inggris. Seperti yang sudah disebutkan tadi, disini kalian tidak bisa menggunakan layar, jadi kalian bisa menggunakan volume up untuk keatas, volume down untuk kebawah. Jika sudah tepat, kalian tekan tombol power sekali saja untuk mengkonfirmasi.

3. Pilih wipe & reset pada menu recovery

Pilih wipe & reset pada tampilan recovery mode

Menu kali ini merupakan menu recovery xiaomi redmi 3. Kalian harus memilih pada pilihan wipe & reset (lihat gambar diatas). Caranya kalian masih ingat kan? Jika lupa kalian baca lagi langkah yang kedua. Maksud wipe & reset yaitu menghapus dan mereset xiaomi redmi 3 kalian. Pada menu inilah proses penghapusan data segera dimulai.

4. Pilih wipe user data untuk memulai penghapusan

Pilih wipe user data

Pada menu ini, kalian harus memilih wipe user data dengan cara seperti langkah sebelumnya. Pada langkah ini, kalian hanya perlu memilihnya maka akan muncul proses penghapusan data. Kalian tunggu saja proses ini sampai selesai. Jika ada konfirmasi, kalian pilih yes saja (biasanya tidak muncul konfirmasi).

5. Pilih reboot untuk menyalakan xiaomi redmi 3 kalian 

Pilih reboot pada tampilan recovery mode

Setelah proses selesai, kalian akan dibawa ke tampilan menu seperti pada langkah ketiga. Kalian hanya perlu memilih reboot dan xiaomi redmi 3 kalian akan booting dengan sendirinya. Setelah selesai booting, maka xiaomi redmi 3 sudah seperti awal kalian membelinya.

Bagaimana caranya, mudah dan simpel bukan? Saya yakin kalian semua pasti bisa melakukannya walaupun kalian baru pertama kali melakukannya. Jadi lakukanlah dengan baik sehingga kalian tidak kesulitan menghadapi masalah seperti ini lagi karena “pengalaman adalah guru terbaik”.

Mungkin itu saja yang bisa sampaikan mengenai cara flash xiaomi redmi 3. Share artikel ini ke sosial media seperti dibawah jika kalian merasa artikel ini berguna dan ingin membantu admin mengembangkannya. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian dibawah untuk menjadikan tambahan bagi admin.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 Response to "Inilah cara mudah flash xiaomi redmi 3 tanpa pc dan dijamin aman"