3 Cara mengatasi hp bootloop dijamin work | 4ndroidinfo

Cara mengatasi hp bootloop

Assalamualaikum wr. wb. 

Cara mengatasi hp bootloop – Hp Android yang bootloop memang sangat menyebalkan bagi kita. Bagaimana tidak, mau nyalain hp kok nggak jadi jadi. Siapapun orangnya pasti akan kezell.

Jika hal tersebut dibiarkan saja, saya yakin walaupun kalian tuh hp pasti sampe 1 tahun pun belum jadi juga. Apakah kalian akan membiarkannya begitu saja? Saya yakin kalian pasti akan melakukan sesuatu.

Maka dari itu, saya akan memberikan solusi bagi anda yang sedang mengalaminya. Sebenarnya solusinya itu sangatlah mudah, tetapi jika kalian tidak tau caranya, maka akan saya bahas di sini.

Yang perlu kalian perhatikan yaitu jangan melakukan kegiatan tanpa panduan di bawah. Baca bagian penjelasan yang ada di bawah instruksinya.

Kita mulai saja dari langkah yang paling awal. Sebelum itu, apa kalian tau apa itu bootloop serta penyebabnya???

Apa itu bootloop? 


Sebelum kalian melakukan langkah langkah yang akan saya bagikan, sebaiknya kalian pahami dulu mengenai bootloop. Kenapa harus pahami, bukan ketahui? Inilah kesalahan awal jika kalian sekedar Mengetahuinya saja. Kita akan memahami menggunakan bahasa yang mudah kita cerna karena pengertian aslinya sulit untuk di cerna oleh otak kita. Itulah sebabnya kita harus paham bukan hanya tau.

Bootloop yaitu keadaan ketika Android berhenti ketika dalam proses pengaktifan Android. Apakah kalian bisa memahaminya? (baca ulang kalau belum paham). Istilah ini juga bisa kok kalian sebut stuck on logo. Jika kalian sudah paham, berarti kita harus paham juga penyebabnya.

Penyebab Android bootloop 


Segala sesuatu pasti ada sebabnya, begitu juga jika hp kalian bootloop. Menurut saya sih ada beberapa penyebab hp kalian bootloop. Penyebabnya adalah :

1. Kesalahan dalam proses rooting
2. Agan suka otak atik Android agan sendiri tanpa melihat panduan
3. Kesalahan asli dari pihak pabrik merek tersebut
4. Nasib agan hehehe... (jangan dipikirin)

Manakah penyebab hp agan bootloop? Tulis di komentar oke!!!

Apakah kalian siap untuk memperbaiki hp kalian? Mari kita langsung saja menuju tkp.

Cara mengatasi hp bootloop 


Gak perlu lama lama, langsung saja kita mulai caranya. Berikut merupakan cara mengatasi hp bootloop :

1. Matikan dan nyalain lagi


Jika saat terjadi bootloop, kalian lepas baterai lalui nyalain lagi hp kalian. Lakukan hal ini berulang kali sampai jadi (paling tidak 2-3 kali). Jika belum jadi, kalian lakukan metode ke 2.

2. Lepas semua komponen yang ada di sekitar baterai


Hampir sama dengan yang tadi, tetapi kali ini kalian lepaskan baterai, sim card, dan sd card (kartu memori). Kalian biarkan dulu sampe beberapa menit. Jika belum jadi juga, kalian lakukan metode terakhir di bawah.

3. Lakukan Flash/reset hp kalian


Ini merupakan cara yang paling ampuh bagi saya sekaligus cara yang lumayan ekstrem karena kalian akan kehilangan semua data yang ada pada hp Android kalian.

Jadi untuk menghindarinya, kalian perlu melakukan backup data terlebih dahulu. Saya sudah sediakan beberapa merek yang tersedia panduan khusus untuk melakukan flash. Lihat daftar dibawah :

Samsung :
     - Untuk flash Samsung j5
     - Untuk flash Samsung Ace 3
     - Untuk flash Samsung j1

Lenovo :
     - Untuk flash lenovo a6000 
     - Untuk flash lenovo a319 
     - Untuk flash lenovo a369i
     - Untuk flash lenovo a1000 

Xiaomi :
     - Untuk flash xiaomi redmi 3

Asus :
     - Untuk flash Asus z007

Advan :
     - Untuk flash advan s5e

Apakah merek Android kalian terdapat di daftar tadi? Jika tidak, kalian bisa ikuti langkah dibawah ini :

1. Matikan hp Android kalian, lalu masuk ke recovery mode 


Kalian harus Matikan dulu hp kalian. Jika sudah dalam keadaan off, kalian masuk ke recovery mode. Kalian bisa membaca cara masuk recovery mode di Android terlebih dahulu.

2. Pilih wipe data/vactory reset 

Recovery mode

Kalian tekan tombol volume untuk naik dan turun. Jika kalian sudah tepat di pilihan wipe data/vactory reset, kalian tekan tombol power untuk konfirmasi.

3. Pilih yes – delete all user data 

Recovery mode

Akan banyak pilihan yang tersedia dalam tampilan ini, kalian pilih yang yes, maka akan muncul lagi tampilan bergambar robot ijo. Kalian tunggu saja sampai proses selesai. Jika selesai, maka hp kalian akan booting sendiri atau akan muncul tampilan seperti di awal, maka kalian pilih reboot.

4. Selesai... Sekarang hp kalian sudah di flash 


Apakah hp kalian masih bootloop? Saya yakin pasti sudah tidak bootloop lagi. Tetapi jika hp Android kalian masih bootloop, satu satunya cara yaitu kalian bawa ke tempat servis hp.

Mungkin itu saja dari saya mengenai cara mengatasi hp bootloop. Jangan lupa untuk bantu admin dengan share artikel ini serta jangan lupa untuk meninggalkan jejak kalian di komentar. Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb. 



0 Response to "3 Cara mengatasi hp bootloop dijamin work | 4ndroidinfo"